Cara Backup Chat WhatsApp Ke Google Drive di Android

Cara Backup Chat WhatsApp Ke Google Drive– Setiap aplikasi pada telepon genggam anda memiliki resiko untuk kehilangan data. Tidak hanya aplikasi permainan atau foto, bahkan aplikasi untuk komunikasi berkirim pesan pun rentan akan resiko hilangnya data ini. Hilangnya data pesan dapat terjadi jika telepon genggam anda rusak misalnya.

Nah untuk dapat berjaga-jaga akan hilangnya data dari telepon genggam, sebaiknya secara berkala anda melakukan backup data. Ternyata manfaat dari backup data ini juga dapat anda rasakan dalam aplikasi komunikasi WhatsApp.

Seperti yang sudah anda ketahui, WhatsApp adalah aplikasi bertukar pesan utamanya, selain juga bermanfaat untuk bertelepon dan mengirimkan file. Ada sangat banyak informasi yang tertukar melalui layanan pesan dari aplikasi WhatsApp ini.

Cara Backup Chat WhatsApp Ke Google Drive di Android

Bahkan terkadang anda sesekali akan memeriksa kembali WhatsApp untuk mendapatkan informasi yang sebelumnya sudah dikirimkan. Jadi menyimpan riwayat perpesanan dalam WhatsApp pastinya sangat penting dan bermanfaat.

Baca juga : Cara mudah mengganti backgroud WhatsApp

Sayangnya, kehilangan data pada telepon genggam yang dijelaskan sebelumnya pun dapat terjadi pada riwayat pesan anda di WhatsApp. Sangat mungkin pesan di WhatsApp akan hilang selamanya, jika anda tidak rutin untuk melakukan backup. Backup data di WhatsApp tentu sudah tersedia fiturnya, hanya saja kebanyakan orang belum mengetahui bagaimana cara menggunakannya sehingga enggan mencoba.

Namun setelah mengetahui resiko hilangnya data ini, pasti anda akan semakin tertarik untuk melakukan backup di WhatsApp. Sehingga mungkin anda membutuhkan informasi bagaimana cara backup WhatsApp agar data tetap aman dan tidak hilang walau telepon genggam anda rusak.

Panduan Cara Backup Chat WhatsApp Ke Google Drive

Pastinya anda tidak sabar lagi ingin mengetahui bagaimana anda dapat mengamankan riwayat pesan di WhatsApp agar tidak terancam hilang. Ternyata cara untuk melakukan backup atau pengamanan data ini tidaklah sulit. Anda hanya membutuhkan email google atau gmail untuk menjadi tempat penyimpanan riwayat pesan. Jadi bagaimana langkah-langkah melakukannya? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Buka Aplikasi WhatsApp dan Masuk ke Menu Tiga Titik Kanan Atas
Anda tentu harus membuka aplikasi WhatsApp anda terlebih dahulu untuk memulai proses backup pesan. Setelah masuk ke aplikasi, pilih menu tiga titik tersusun yang ada di bagian kanan atas.

Buka Aplikasi WhatsApp dan Masuk ke Menu Tiga Titik Kanan Atas

2. Pilih Menu Settings atau Pengaturan
Jika sudah, maka pilih menu settings atau pengaturan dalam bahasa Indonesia. Akan muncul jendela baru lagi untuk anda pilih kembali mana menu yang anda tuju. Jika anda ingin melakukan backup, maka menu yang harus anda pilih adalah berhubungan dengan perpesanan.

3. Pilih Menu Chats Setelahnya
Menu yang berhubungan dengan perpesanan adalah chat. Menu ini dapat anda pilih pada urutan kedua dari atas, setelah nama akun anda. Klik pilihan tersebut dan kembali anda akan diarahkan ke jendela menu baru.

Pilih Menu Chats Setelahnya

4. Pilih Menu Chat Backup
Jendela menu baru sudah dapat dengan mudah anda pilih karena jelas terdapat menu chat backup. Anda dapat memulai memilih menu tersebut untuk mengetahui apa saja yang harus anda siapkan dalam proses pengamanan data pesan ini.

Pilih Menu Chat Backup

5. Pilih Email yang Digunakan Sebagai Tempat Penyimpanan
Anda pastinya harus meminta email, setelah memilih menu chat backup anda langsung diminta memilih email yang aktif digunakan. Email ini sebenarnya disarankan adalah gmail karena lebih mudah untuk mengakses hasil penyimpanan yang tersimpan di google drive yang disediakan.

 Pilih Email yang Digunakan Sebagai Tempat Penyimpanan

6. Tentukan Masa Waktu Backup
Program WhatsApp kemudian juga akan menanyakan berapa lama sekali anda ingin proses backup dilakukan. Anda dapat memilih menu harian, mingguan, bulanan, atau saat anda inginkan. Sesuaikan dengan kenyamanan anda, mengingat proses backup pasti akan menghabiskan kuota internet dan juga waktu cukup lama.

7. Klik Pilihan Backup Berwarna Hijau Terang
Terakhir jika semua informasi sudah anda tentukan, anda dapat memilih menu backup yang berwarna hijau terang. Tunggu proses backup selesai. Proses backup ini memiliki lama waktu yang berbeda-beda, bergantung pada sebanyak apa pesan yang perlu dilakukan backup.

Saat anda membutuhkan hasil backup WhatsApp untuk dipasang kembali pun caranya sangat mudah. Anda cukup mengikuti perintah otomatis dari WhatsApp yang baru dibuka ulang untuk mengakses riwayat backup atau tidak. Jika anda memilih ya, maka anda cukup menunggu pemasangannya dan seluruh riwayat pesan anda sudah terpasang kembali.

Baca Juga : Cara Menarik Pesan di WhatsApp Yang Sudah Terkirim

Demikianlah penjelasan mengenai bagaimana anda dapat melakukan backup WhatsApp dengan mudah. Semoga setelah ini anda tidak lagi mengalami kerugian karena kehilangan pesan-pesan penting yang sangat anda butuhkan sewaktu-waktu.

Share This

Leave a Reply