Cara Backup Dokumen di Microsoft Word Secara Otomatis

Cara Backup Dokumen di Microsoft Word Secara Otomatis – Microsoft Word menjadi salah satu aplikasi bawaan Windows yang paling banyak digunakan untuk membuat dokumen. Selain antar mukanya yang intuitif, aplikasi yang sering disingkat Ms Word ini mampu mengolah tulisan menjadi dokumen tabel, grafik, hingga diagram.

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan pada Ms. Word versi lama adalah tidak adanya fitur backup atau menyimpan file cadangan apabila file dokumen belum sempat tersimpan. Terkadang dokumen tidak sempat disimpan atau perubahan pada dokumen hilang karena komputer/laptop mati secara tiba-tiba karena listrik padam atau baterai yang habis.

Lalu bagaimana caranya membuat backup dokumen secara otomatis di Ms. Word? Ikuti tutorialnya berikut ini.

Cara Backup Dokumen di Microsoft Word Secara Otomatis

Agar dokumen memiliki file backup secara otomatis di Ms Word, lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi Microsoft Word untuk mengakses fitur backup.

2. Setelah membuka aplikasi, klik ikon Windows yang terdapat di pojok kiri atas tampilan utama Ms Word. Untuk versi Word 2010 ke atas, bisa dengan mengklik ribbon menu File.

Backup Dokumen di Microsoft Word

3. Akan muncul beberapa pilihan pengaturan Microsoft Word. Setelah itu, klik pilihan Word Options (Ms Word 2007) atau Options (Ms Word 2010 ke atas).

4. Di pilihan Word Options, akan muncul beberapa pilihan dropdown menu, pilih pilihan Advance.

5. Pada jendela halaman Advance terdiri dari pilihan pengaturan pencetakan, penyimpanan dan pengaturan secara umum. Karena backup berhubungan dengan fungsi penyimpanan, maka fokuskan perhatian di pilihan Save.

Cara Backup Dokumen di Microsoft Word Secara Otomatis

6. Beri ceklis di pilihan Always create a backup copy. Pilihan menu ini akan mengatur Ms Word agar menyimpan file cadangan dari dokumen yang sedang dibuat secara otomatis.

Perlu diingat bahwa pengaturan di atas adalah untuk membuat file salinan dokumen, dalam arti lain bukan pengaturan penyimpanan otomatis dari dokumen itu sendiri. Jika ingin mengatur penyimpanan otomatis atau autosave, ikuti tutorial di bawah ini.

Baca Juga : Cara Membuat Nomor Urut Otomatis di Tabel Ms Word

Cara Mengatur Autosave di Microsoft Word

Agar aplikasi Ms Word menyimpan dan memperbaharui perubahan pada dokumen secara periodik saat pengetikan, lakukan beberapa langkah dibawah ini:

1. Klik ikon Windows (Ms Word 2007) atau ribbon menu File (Ms Word 2010 ke atas).

2. Selanjutnya, pilih pilihan Options/Word Options.

3. Pada jendela halaman opsi, klik opsi Save.

4. Pada kolom Save documents, beri ceklis di pilihan Save Auto Cover information every.

5. Di sebelah opsi nomor 4, tentukan berapa menit interval penyimpanan secara berkala, isikan 1 menit agar aplikasi selalu menyimpan secara otomatis setiap 1 menit.

Cara Mengatur Autosave di Microsoft Word

6. Beri Centang di pilihan “keep the last autosaved version if I close without saving” untuk mengatur aplikasi. Agar menyimpan file autosave jika pengguna tidak sempat menyimpan dokumen karena hal tidak terduga seperti terputusnya aliran listrik.

Baca Juga : Cara Membuat Titik-Titik Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word dengan Mudah

Gunakan kedua cara di atas agar dokumen bisa tersimpan dengan aman dan bisa mengetik dengan nyaman tanpa takut file tidak tersimpan. Itulah mengenai cara backup dokumen secara otomatis di Microsoft Word. Semoga bisa bermanfaat.

Share This

Leave a Reply