Cara Mudah Membuat Breadcrumb di WordPress

Cara Membuat Breadcrumb di WordPress – Breadcrumb merupakan struktur navigasi berupa link serta sublink yang membantu pengguna untuk memahami dimana letak halaman sebuah artikel atau konten. Tampilan Breadcrumb biasanya disusun secara horizontal dan terletak tepat diatas judul artikel hal ini berguna untuk agar pengunjung mengetahui posisi dan kategori sebuah artikel.

Breadcrumb biasa digunakan untuk navigasi tambahan pada sebuah situs sebagai pelengkap navigasi struktur utama. Breadcrumb tidak hanya berfungsi di dalam situs, tetapi juga berfungsi pada mesin pencari untuk membantu pengguna menemukan konten berhubungan. Struktur tampilan Breadcrumb menampilkan halaman Beranda, kemudian Kategori dan Sub kategori, lalu judul halaman atau artikel. Beranda>Kategori>Judul Artikel.

Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat contoh tampilan Breadcrumb yang ada di situs ini dan pada mesin pencari.

Contoh breadcrumb di dalam situs :

Breadcrumb di dalam situs WordPress

Contoh breadcrumb di mesin pencari :

Breadcrumb di mesin pencari

Mengapa Perlu Membuat Breadcrumb ?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa anda harus menambahkan Breadcrumb di situs WordPress Anda.

  • Menambahkan breadcrumbs di situs membantu pengguna untuk mengakses tingkat  yang lebih tinggi terutama untuk situs-situs yang memiliki struktur hierarkis yang kompleks. Yang tidak dapat dilakukan dengan navigasi default untuk setiap halaman di situs.
  • Mesin pencari menampilkan Breadcrumb di dalam hasil pencarian dan kata kunci dalam breadcrumb dapat meningkatkan peringkat situs anda. Pengguna juga dapat memahami struktur situs dari tampilan hasil pencarian sebelum mereka mengklik dan mengunjungi sebuah halaman.
  • Breadcrumbs dapat meningkatkan SEO sebuah situs dengan meningkatkan waktu pengunjung di situs anda melalui keterlibatan pengguna dan membuat hasil pencarian yang sesuai.

Pada tema WordPress biasanya sudah terdapat struktur Breadcrumb secara default, tapi ada juga yang tidak ada. Jadi saya sarankan jika anda akan menginstal tema, cek terlebih dahulu tema tersebut sudah memiliki struktur breadcrumb default atau tidak. Jika belum ada anda bisa memasangnya sendiri. Untuk memasang breadcrumb di situs WordPress anda bisa mengikuti tutorialnya dibawah ini.

Baca juga : Cara Menonaktifkan Kolom Komentar di WordPress

Cara Membuat Breadcrumbs di WordPress

Pada tutorial ini menggunakan plugin Yoast SEO, jadi jika anda belum menginstalnya maka instal terlebih dahulu.

1. Pilih menu Yoast SEO, kemudian buka Search Appearance.

2. Jika sudah kemudian buka tab Breadcrumbs. Pada Breadcrumbs settings ubah menjadi Enable. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah.

Cara Membuat Breadcrumb di WordPress

Pada pengaturan Breadcrumb anda bisa merubah Type separator, Anchor text dan settingan lainnya sesuai yang anda inginkan. Tapi disarankan menggunakan pengaturan default saja.

3. Selanjutnya pada “Taxonomy to show in breadcrumbs for content types“, pilih Category.

Mengatur Breadcrumb di WordPress

4. Yang terakhir tinggal anda simpan pengaturan dan lihat hasilnya.

Baca juga : Cara Mengubah Permalink di WordPress

Itulah mengenai cara membuat breadcrumb di WordPress yang bisa terapkan apabila blog WordPress anda tidak memilikinya. Biasanya ketika satu postingan terhubung ke beberapa kategori, breadcrumbs akan menampilkan kategori sesuai abjad. Misalnya, jika sebuah posting terkait dengan dua kategori “WordPress” dan “AdSense”, kemungkinan besar susunan breadcrumb akan menampilkan “AdSense” meskipun artikel tersebut lebih relevan dengan “WordPress”. Untuk mengatasinya anda bisa menjadikan kategori yang paling relevan menjadi kategori utama. Dengan begitu navigasi breadcrumbs tidak akan membingungkan pengunjung blog anda.

Share This

Leave a Reply