Cara Membuat Formulir Kontak Di WordPress Dengan Contact Form 7

Cara Membuat Formulir Kontak Di WordPress – Sebagian besar website memiliki halaman formulir kontak di dalamnya. Karena halaman formulir kontak mempunyai fungsi penting yang berguna bagi pengunjung jika ingin menghubungi pemilik website secara langsung. Apa lagi jika anda pemilik website yang menjual produk atau jasa tentu formulir kontak akan sangat penting untuk mempermudah pengunjung jika ingin bertanya lebih detail mengenai produk atau jasa yang anda miliki.

Dengan adanya halaman formulir kontak juga memberikan nilai positif dimata pengunjung karena sudah menyediakan sarana untuk berinteraksi secara langsung kepada mereka. Menambahkan formulir kontak di website juga lebih baik daripada langsung mencantumkan alamat email milik anda. Hal ini bertujuan untuk melindungi email anda dari spam.

Jika situs anda menggunakan WordPress dan ingin menambahkan formulir kontak. Pada tutorial WordPress kali ini saya akan menunjukkan cara membuat formulir kontak di WordPress menggunakan Plugin. Ada banyak plugin gratis yang bisa anda gunakan salah satunya yaitu menggunakan Plugin Contact Form 7. Dengan menggunakan plugin ini anda dapat dengan mudah untuk membuat formulir kontak. Untuk lebih jelasnya anda biasa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Baca juga : Cara Mengubah Permalink di WordPress 

Cara Membuat Formulir Kontak Menggunakan Plugin Contact Form 7

1. Pertama anda harus Instal dan aktifkan plugin Contact Form 7 di dashboard admin WordPress Anda. Plugins>Add New, kemudian masukkan kata kunci “Contact Form 7” di kotak pencarian. Lalu anda Instal plugin tersebut.

menginstal dan mengaktifkan contact form 7

2. Kemudian setelah aktif buka menu kontak di dashboard admin WordPress anda. Biasanya di halaman contact form sudah terdapat formulir kontak dengan judul contact form 1. Anda bisa mengeditnya atau membuat formulir kontak yang baru.

3. Pada halaman Contact form editor, beri judul formulir kontaknya. Lalu di tab form anda bisa memodifikasi tampilan default dengan menambahkan reCaptcha, tanggal, text area dan lain sebagainya. Namun jika tidak biarkan saja.

mengatur form contact

4. Selanjutnya buka tab Email, Anda bisa mengganti email yang ingin anda gunakan untuk menerima pesan. Misalnya jika anda mempunyai email Domain khusus yang ingin anda gunakan sebagai penerima pesan.

mengatur email di contact form

5. Pada bagian tab massages anda bisa mengatur pesan pemberitahuan yang ditampilkan apabila pesan sudah terkirim atau ada bagian dari form yang belum diisi. Anda juga bisa mengubahnya sesuai keinginan anda.

mengatur pesan notifikasi contact form

6. Jika sudah simpan pengaturan, kemudian anda copy shortcode formulir kontaknya. Kode ini nanti diletakkan di halaman formulir kontak.

copy shortcode formulir kontak

7. Selanjutnya anda buat halaman baru dan letakkan shortcode formulir kontak yang anda copy tadi di halaman tersebut.

meletakkan shortcode di halaman contact

8. Kemudian yang terakhir tinggal anda simpan dan mencoba formulir kontak yang anda buat tadi.

Baca juga : Cara Menampilkan Popular Post di WordPress

Itulah tutorial mengenai cara membuat formulir kontak di WordPress menggunakan plugin Contact Form 7. Semoga artikel diatas bisa membantu anda untuk membuat formulir kontak di situs web WordPress Anda.

Share This

One Response

  1. XD December 5, 2018

Leave a Reply