Cara Menambahkan Domain Baru di Cpanel (Add on Domains)

Cara Menambahkan Domain Baru di Cpanel– Jika kita membeli web hosting sering kita mendapatkan fitur gratis Addon domains dari penyedia jasa hosting tersebut dan biasanya dalam sebuah web hosting kita bisa menambahkan 1-10 Add-on domain dalam satu hosting. Tapi ada juga yang menyediakannya secara unlimited tergantung dengan paket hosting apa yang kita gunakan. Dengan adanya fitur ini kita bisa menambahkan beberapa domain ke dalam satu hosting tanpa harus membeli hosting lagi untuk domain yang satunya.

Jika kita mempunyai dua website atau blog dengan menggunakan fitur Addon domain tentunya dapat menghemat biaya hosting terlebih lagi jika pengunjung blog belum ramai, berbeda jika pengunjung ke dua blog sudah puluhan ribu pengunjung per hari, menggunakan Addon domain dalam satu hosting sangat tidak efektif karena Add on domain menggunakan resource yang sama dengan domain utama seperti Disk Space, Bandwidth dan yang lainnya. Domain yang ditambahkan tidak mendapatkan fitur cpanel seperti domain utama namun kita dapat mengaturnya di Cpanel Domain utama.

Baca Juga : Cara Mudah Mengganti URL Halaman Login WordPress

Jika ingin menambahkan Add-on domain di Cpanel domain utama caranya sangatlah mudah dan simpel tinggal mengikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Menambahkan Domain di Cpanel

1. Login terlebih dahulu ke Cpanel hosting anda.

2. Setelah login cari fitur Addon Domains di Cpanel atau bisa juga mencarinya di kotak pencarian. untuk tampilannya kurang lebih akan seperti gambar dibawah.

Cara Menambahkan Domain Baru di Cpanel

 

3. Selanjutnya buka ke fitur Addon Domains. lalu masukan nama domain yang ingin anda tambahkan.

Menambahkan addon domain di cpanel

  • Pada kolom New Domain Name isi dengan nama domain yang anda tambahkan contohnya saya ingin menambahkan domain domainku.com
  • Pada kolom Subdomain biarkan saja nanti akan terisi otomatis sesuai dengan nama domain yang ditambahkan. Tapi jika mempunyai nama domain yang sama tetapi ekstensi berbeda misalnya .com dan .net anda bisa merubahnya sesuai dengan ekstensinya agar bisa membedakan domain satu dan domain dua.
  • Pada kolom Document Root nanti juga akan terisi secara otomatis sesuai dengan nama domain yang ditambahkan. Walaupun bisa diubah saya sarankan jangan dirubah biarkan saja sesuai dengan nama domainnya. Contohnya : public_html/domainku.com. yang berarti file domain tersebut berada pada folder public_html > domainku.com
  •  Jika anda ingin membuat akun FTP anda bisa mencentang “Create an FTP account associated with this Addon Domain” yang ada tepat di bawah Document Root, pilihan ini berguna jika domain yang anda tambahkan dikelola oleh orang lain. Tapi jika domain tersebut dikelola oleh anda sendiri biarkan saja jangan dicentang. Saya juga belum mencobanya karena domain yang saya tambahkan dikelola oleh saya sendiri.

4. Jika sudah yang terakhir tinggal anda klik “Add Domain”. Dan tunggu beberapa menit sampai semua folder yang diperlukan berhasil dibuat. Jika sudah selesai nanti akan muncul pemberitahuan. dan pada halaman Addon Domains akan muncul daftar domain yang sudah anda tambahkan tadi.

domain sudah ditambahkan

Baca Juga : Cara Menambahkan Meta Description di WordPress

Pada cara diatas, domain baru memang sudah berhasil ditambahkan tetapi belum bisa diakses. Yang harus anda lakukan adalah memasukan name server layanan hosting anda ke dalam name server yang ada di pengaturan domain baru anda. Jika anda ingin menggunakan WordPress, sekarang anda tinggal menginstal WordPress menggunakan Softaculous Apps Installer. Caranya sama seperti cara-cara menginstal WordPress menggunakan Softaculous pada umumnya. Nah itulah cara menambahkan domain baru pada satu hosting semoga bisa bermanfaat.

Share This

Leave a Reply