Cara Menghapus Post Revision Di WordPress (Revisi Postingan)

Cara Menghapus Post Revision – Jika anda baru dalam menggunakan WordPress pasti belum banyak tahu mengenai fitur-fitur yang ada didalamnya, salah satu fitur keren yang dimiliki WordPress adalah Post Revision. Fitur ini dimiliki sejak WordPress 2.6. Fungsi Post Revision adalah secara otomatis akan menyimpan konten dari postingan anda secara berkala sebagai revisi, jadi apabila terjadi hal-hal yang tak terduga seperti tiba-tiba server down, koneksi internet terputus, listrik mati, komputer crash dan masalah lainnya maka konten postingan anda akan tersimpan secara otomatis.

Jika anda menyimpan atau mengupdate postingan halaman beberapa kali maka jumlah revisi akan meningkat. Misalnya jika anda memiliki 60 postingan dan masing masing memiliki 10 revisi maka anda menyimpan 600 salinan data yang sebagian besar yang diperlukan. Setiap revisi yang anda lakukan akan menambah ukuran database sehingga waktu memprosesnya juga lebih lama. Oleh karena itu anda harus menghapus revisi postingan lama yang sudah terpakai lagi untuk mengurangi ukuran database sehingga dapat mempercepat proses database WordPress.

Baca juga : Cara Mudah Mengganti URL Halaman Login WordPress

Kalau belum tahu tampilan post revision yang ada di postingan, anda bisa melihatnya dengan mengklik browse pada bagian revision yang ada di publish box. Nanti akan muncul konten postingan dari awal pembuatan sampai terakhir di update.

Cara menampilkan Post Revision

Cara Menghapus Post Revision Di WordPress

Cara menghapus post revision yang saya bagikan ini menggunakan plugin WP-Optimize. Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengikuti tutorialnya dibawah ini.

1. Karena menggunakan plugin jadi anda harus menginstal dan mengaktifkan plugin “WP-Optimize” terlebih dahulu. Untuk cara menginstalnya sama seperti menginstal plugin pada umumnya.

Menginstal plugin wp-optimize

2. Setelah terinstal buka plugin Wp-Optimize tersebut yang ada di sebelah kiri dashboard WordPress anda. Nanti akan muncul beberapa pilihan apa yang mau anda optimasi atau hapus, ada tabel database, post revision, spams and trashed comments, trashed post dan lain sebagainya. Saya menyarankan jangan mengoptimasi tulisan yang berwarna merah karena itu merupakan database yang sangat intensif jadi jangan menghapusnya.

Dibawah Optimizations juga ada peringatan supaya jangan mengoptimasi tulisan berwarna merah jika memang tidak sangat diperlukan. Lanjut ke pembahasan karena hanya menghapus revisi postingan jadi anda cukup mengklik “Run Optimization” pada baris Clean all post revisions saja. untuk tampilannya sebagai berikut. Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi di WordPress

Cara Menghapus Post Revision Di WordPress (Revisi Postingan)

 

Penting: Sebelum menghapus post revision anda bisa mengaturnya pada menu setting WP-Optimize supaya revisi postingan beberapa minggu terakhir tidak terhapus. Secara default itu 2 minggu namun anda bisa mengaturnya sendiri lalu checklist dan simpan pengaturan.

mengatur penghapusan revisi postingan

Itulah mengenai cara menghapus revisi postingan di WordPress, dengan menghapus post revision semoga blog WordPress anda menjadi lebih ringan. Selain menggunakan plugin di atas anda juga bisa menggunakan plugin Better Delete Revision, untuk cara kerjanya pun hampir sama. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share This

Leave a Reply