Cara Mengunci WhatsApp Agar Lebih Aman

Cara Mengunci WhatsApp Agar Lebih Aman– Apapun media komunikasi yang anda gunakan, tentu anda ingin agar informasi yang dibagikan melalui media komunikasi tersebut terjaga privasinya. Hal ini juga tentu anda harapkan dalam menggunakan aplikasi komunikasi seperti WhatsApp pada smartphone yang anda punya. Seringkali anda dapat mengunci smartphone dengan serangkaian kode, namun anda tidak tahu bagaimana cara mengunci WhatsApp di smartphone anda. Padahal privasi anda dalam aplikasi komunikasi tersebut yang sangat penting untuk dijaga.

Cara Mengunci WhatsApp Agar Lebih Aman

Hal ini yang kemudian membuat banyak orang ingin mengetahui bagaimana cara mengunci aplikasi WhatsApp yang digunakan, termasuk juga anda pastinya. Agar WhatsApp dapat terkunci dan tidak bisa dibuka tanpa seijin dan sepengetahuan anda, maka anda memerlukan suatu aplikasi penguncinya. Saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat anda unduh terpisah untuk kemudian dimanfaatkan agar dapat mengunci WhatsApp dan privasi anda menjadi lebih terjaga. Apa saja cara tersebut? Simak penjelasan lengkapnya pada bagian di bawah ini. Baca juga: Cara Mengganti Background WhatsApp di Android

2 Cara Mengunci WhatsApp dengan Bantuan Aplikasi Tambahan

Jika menggunakan aplikasi bawaan WhatsApp tanpa aplikasi tambahan, diketahui bahwa belum ada fitur untuk menguncinya. Itulah mengapa seperti yang disebutkan sebelumnya anda membutuhkan suatu aplikasi tambahan. Karena cukup banyak aplikasi yang bermanfaat untuk mengunci aplikasi, maka berikut ini akan dijelaskan penggunaan dari 2 jenis aplikasi saja. Cobalah anda pelajari kedua cara tersebut dan segera gunakan untuk mengamankan aplikasi WhatsApp anda dari orang yang usil dan ingin tahu berlebihan.

1. Mengunci Aplikasi WhatsApp dengan ChatLock+

Aplikasi bantuan pertama yang dapat mengunci WhatsApp anda dengan berbagai jenis kunci adalah ChatLock+. Aplikasi ini dapat anda unduh secara gratis di play store. Cobalah anda mencarinya terlebih dahulu di play store sebelum mempelajari langkah-langkah penggunaannya di bawah ini.

  • Setelah aplikasi ChatLock+ berhasil anda unduh ke smartphone anda, selanjutnya anda perlu masuk ke aplikasi tersebut.
  • Jendela pertama yang terbuka adalah jendela di mana anda harus memasukkan PIN yang anda gunakan. PIN ini adalah PIN yang berlaku untuk membuka aplikasi ChatLock+ dan juga aplikasi lainnya yang ingin anda kunci. Termasuk juga jika anda mengunci WhatsApp.

Mengunci Aplikasi WhatsApp dengan ChatLock+

  • Setelah selesai mengatur PIN, anda akan masuk ke jendela baru. Pada jendela ini ada sejumlah aplikasi yang terpasang di smartphone anda. Pilihlah WhatsApp dan ubah tanda off menjadi on sebagai perintah menyalakan kunci sebelum membuka WhatsApp.

Mengatur pin WhatsApp dengan ChatLock+

  • Terakhir, cobalah anda buka aplikasi WhatsApp anda dan lihatlah apakah ada kunci yang diminta. Jika ada, maka anda telah berhasil melakukannya. Jangan lupa pastikan juga bahwa kunci yang anda buat dapat membuka aplikasi tersebut dengan benar.

2. Mengunci Aplikasi WhatsApp dengan GB WhatsApp

Selain menggunakan aplikasi ChatLock+, anda juga dapat menggunakan aplikasi GB WhatsApp. Cara penggunaan aplikasi yang satu ini cukup berbeda dengan cara yang sebelumnya dijelaskan. Namun sama anda tetap harus mengunduhnya terlebih dahulu di play store. Anda dapat mengunduhnya kemudian memasangnya di smartphone anda. Hasil pemasangan ini dapat anda lihat langsung di aplikasi WhatsApp anda dengan mengikuti langkah seperti di bawah ini

  • Buka aplikasi WhatsApp anda dan pilih tanda titik tiga di bagian kanan atas. Akan muncul pilihan menu seperti di bawah ini dan perhatikan bahwa muncul pilihan GB Settings.

Mengunci Aplikasi WhatsApp dengan GB WhatsApp

  • Pilih menu GB Settings tersebut dan anda akan masuk ke jendela baru. Pada jendela baru tersebut pilih menu Lock. Menu ini ada pada urutan yang ke-7, agak di bawah posisinya.

Setting GB WhatsApp

  • Anda kemudian akan diminta untuk mengatur apa password yang menjadi kunci untuk dapat membuka aplikasi WhatsApp anda.
  • Proses mengunci WhatsApp telah berhasil dilakukan dan anda dapat mencoba dengan keluar dari WhatsApp terlebih dahulu. Cobalah masuk kembali dan perhatikan bahwa aplikasi akan meminta anda memasukkan password sebelumnya.

Baca juga : Cara Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp dengan mudah

Nah itulah tadi dua cara yang dapat anda gunakan untuk mengunci WhatsApp berbantuan aplikasi tambahan. Tidak sulit dan pastinya dapat anda coba sendiri sekarang juga. Akhirnya, dengan aplikasi yang memuat komunikasi anda terjaga aman anda pun lebih leluasa untuk membiarkan orang lain menggunakan smartphone anda. Tidak lagi ada kekhawatiran bahwa akan ada orang yang ingin tahu dan memeriksa riwayat komunikasi anda dalam WhatsApp. Selain itu, cara ini juga bermanfaat untuk memastikan tidak ada yang dapat menyalahgunakan media komunikasi anda untuk menipu, berbohong, dan mencemarkan nama baik anda. Jadi selamat menggunakan cara yang bermanfaat ini ya!

Leave a Reply