Cara Redirect Halaman Error 404 di WordPress ke Home Page

Cara Redirect Halaman Error 404 di WordPress – Banyak pemilik blog atau website hanya menampilkan pesan khusus error 404 saat halaman yang diakses oleh pengunjung tidak ada atau memang sudah dihapus. Jika halaman yang rusak hanya sedikit tentu saja tidak terlalu berpengaruh. Namun jika mempunyai banyak halaman error tentunya akan mengurangi jumlah page views blog anda. Karena pengunjung hanya melihat halaman yang rusak bukan isi dari konten atau artikel yang mereka cari.

Cara Redirect Halaman Error 404 di WordPress ke Home Page

Tidak hanya itu blog yang memiliki banyak halaman yang error tentu saja akan dipandang buruk oleh pengunjung. Karena saat mereka membuka blog anda yang dilihat hanyalah halaman error 404, tidak sesuai dengan apa yang mereka cari, dan biasanya mereka akan langsung keluar dari blog anda dan mencari sumber lain.

Baca : Cara Mengubah Permalink di WordPress (Url Postingan)

Di sisi lain karena halaman error tersebut sudah terindeks oleh Google, pasti akan butuh waktu yang tidak sebentar untuk menghapusnya. Sebenarnya error 404 merupakan salah satu kesalahan yang paling umum yang biasa kita temui Internet. Sehingga situs web menggunakan halaman 404 yang dirancang khusus untuk ditampilkan setiap kali pengunjung menemukan halaman yang error.

Jika di situs WordPress anda terdapat beberapa atau banyak kesalahan 404 dan anda ingin memanfaatkannya. Anda dapat dengan mudah membuat redirect 301, mengalihkan semua halaman error 404 ke beranda situs web anda. Cara ini cukup berguna untuk mengurangi kehilangan trafik pengunjung di blog Anda. Dan cara ini juga  merupakan cara manual jadi anda tidak perlu menginstal plugin terlebih dahulu.  Berikut tutorial cara mengalihkan halaman 404 ke home page.

Cara Redirect Error 404 ke Home Page di WordPress

Pertama setelah masuk ke halaman Admin WordPress anda buka file 404.php pada tema yang sedang anda gunakan. Pilih Appearance, kemudian klik Editor. Selanjutnya masukan script php dibawah ini dibagian paling bawah.

<?php
header("HTTP/1.1 301 Moved Permanently");
header("Location: https://www.ridlowrites.com");
exit();
?>

Cara Redirect Error 404 WordPress

Silahkan mengganti nama domainnya dengan nama domain situs web anda. dengan script diatas setiap halaman error akan langsung diarahkan ke homepage. Selain menggunakan script diatas anda juga bisa menggunakan script di bawah ini.

<meta http-equiv="refresh" content="1; url=https://www.ridlowrites.com/"/></meta>

Jika anda ingin merubah berapa detik lamanya durasi pengalihan anda bisa mengganti content=”1 dengan waktu yang anda inginkan. Jika sudah tinggal anda simpan dan lihat hasilnya.

Baca : Cara Menampilkan Popular Post di Blog WordPress

Itulah mengenai cara redirect halaman error 404 di WordPress. Anda juga bisa mengubah url direktorinya sesuai yang anda inginkan. Untuk melihat apakah situs web anda memiliki kesalahan 404, masuk ke akun Google Webmaster anda dan periksa apakah ada kesalahan perayapan. Semoga cara diatas bisa bermanfaat.

 

Share This

Leave a Reply