Cara Registrasi Ulang Kartu Sim Telkomsel Terbaru

Registrasi Ulang Kartu Sim Telkomsel – Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nomor 14 Tahun 2017, menyatakan registrasi ulang kartu SIM wajib dilakukan dengan mencantumkan NIK yang tertera di KTP dan nomor KK, diberlakukan untuk semua operator di Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mewajibkan kepada seluruh pengguna kartu SIM prabayar untuk melakukan registrasi ulang kartu SIM-nya baik lama maupun baru untuk semua operator.

Peraturan ini diberlakukan mulai tanggal 31 Oktober 2017 sampai dengan 8 Februari 2018. Registrasi ulang kartu prabayar dapat dilakukan dengan cara online melalui situs resmi ataupun SMS ke 4444.

Cara Registrasi Ulang Kartu Sim Telkomsel Terbaru

Berdasarkan peraturan yang dibuat Kominfo tersebut, jika sampai tanggal yang ditentukan pengguna belum melakukan registrasi ulang, akan diberikan waktu perpanjangan 15 hari.

Tujuh hari menjelang batas akhir registrasi kartu prabayar, operator Telkomsel secara serentak menghimbau kepada seluruh para pelanggan kartu prabayar (Simpati, Kartu As, dan Loop) untuk segera melakukan registrasi ulang.

Baca juga : Cara Cek Sisa Kuota Internet Telkomsel Simpati Terbaru

Pengguna diharapkan tidak menunda dan segera melakukan registrasi ulang kartu Simpati, Kartu As, dan Loop hingga batas akhir yang jatuh pada 28 Februari 2018. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kepadatan trafik pada sistem registrasi.

Dan bila masih ada pengguna yang belum juga melakukan registrasi ulang, maka kartu pra bayar akan diblokir. Pengguna tidak bisa melakukan panggilan dan pengiriman SMS ke luar. Akhirnya, seluruh layanan termasuk data internet juga akan diblokir.

Sebelum terjadi pemblokiran, pengguna dapat melakukan registrasi ulang dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) yang sah.

Registrasi kartu prabayar sangat bermanfaat dalam memberikan kenyamanan dan kemudahan layanan bagi setiap pelanggan Telkomsel. Khususnya dalam memberikan perlindungan agar terhindar dari tindakan kejahatan dan aksi-aksi penyalahgunaan layanan.

Cara Registrasi Ulang Kartu Sim Telkomsel Terbaru

Lalu bagaimana cara registrasi ulang nomor telkomsel kamu?.Bagi seluruh pelanggan Telkomsel seperti kartu Simpati, kartu As, dan Loop yang belum melakukan registrasi, bisa melakukan registrasi ulang dengan cara sebagai berikut:

1. Registrasi Kartu Prabayar Melalui Situs Web Resmi Operator Telkomsel

Untuk kartu SIM prabayar Telkomsel (Simpati, kartu AS, dan Loop) dapat mengunjungi situs resmi Telkomsel di https://telkomsel.com/daftar-ulang-prepaid?ch=WEB

Registrasi Kartu Prabayar Melalui Web Resmi Telkomsel

Caranya sangat mudah tinggal masukkan nomor handphone kamu, NIK yang tertera di KTP, nomor Kartu Keluarga dan Password yang akan dikirimkan oleh operator melalui SMS. Lalu klik “kirim”.

2. Cara Registrasi Kartu Prabayar Melalui SMS ke Nomor 4444

Registrasi kartu prabayar via SMS ke nomor 4444 dibedakan menjadi 2, yaitu untuk pengguna kartu lama dan pengguna kartu baru.

  • Pengguna Kartu Lama
    Bagi pengguna kartu lama dapat melakukan registrasi ulang melalui SMS dengan format ULANG#NIK#Nomor KK# lalu kirim ke 4444.

Registrasi Kartu Prabayar Melalui SMS

  • Pengguna Kartu Baru
    Sementara bagi pengguna kartu baru Telkomsel bisa mengirim SMS ke nomor 4444 dengan format REG#NIK#Nomor KK#.

3. Cara Registrasi Melalui GraPARI Virtual di Aplikasi Pesan Instan dan Aplikasi My Telkomsel

Selain melalui gerai GraPARI fisik terdekat, pelanggan juga bisa mengakses GraPari virtual Telkomsel melalui aplikasi pesan instan seperti: Line di akun @Telkomsel, Telegram di akun@Telkomsel_official_bot, dan Facebook Messenger di akun @Telkomsel.

Dengan dibantu oleh asisten digital Veronika, pelanggan akan diarahkan ke web registrasi Telkomsel. Jika kamu sudah memiliki aplikasi Telkomsel, bisa juga melalui menu “Akun Saya” lalu pilih menu “Registrasi Prabayar”.

Bagaimana Cara Mengetahui Status Nomor Telkomsel Kamu, Apakah Sudah Teregistrasi atau Belum?

Proses registrasi kartu prabayar biasanya berlangsung paling lama 1×24 jam. Untuk mengetahui proses registrasi berhasil atau tidak dan nomor ponsel mana sajakah yang sudah teregistrasi, kamu bisa mengakses https://telkomsel.com/cek-prepaid

Cara Mengetahui Status Nomor Telkomsel

Layanan ini juga dapat digunakan untuk memastikan tidak ada nomor ponsel lain yang menggunakan NIK kamu. Dan jika menemukan NIK yang sama, kamu bisa datang langsung ke gerai GraPARI untuk melakukan UNREG.

Nomor kartu SIM Telkomsel akan segera diblokir jika ketahuan melanggar ketentuan registrasi. Tetapi sebelum melakukan pemblokiran, Kominfo akan memberitahu melalui notifikasi.

Kominfo juga memberikan larangan bagi gerai pulsa atau gerai operator melakukan registrasi kartu secara masif. Registrasi masif hanya boleh dilakukan oleh operator melalui gerai resmi dan hanya berlaku machine to machine, bukan perorangan.

Yang perlu kamu ketahui, akan diberlakukan sanksi pidana bagi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan identitas orang lain untuk registrasi kartu SIM prabayar yaitu bisa dikenakan undang-undang ITE karena memanipulasi data elektronik atau undang-undang kependudukan.

Baca juga : Cara Cek Nomor Telkomsel Milik Sendiri

Tentunya kamu tidak ingin seperti itu, bukan? Segeralah Registrasi ulang kartu Telkomsel kamu dengan data diri yang sesuai pada KTP dan KK.

Share This

One Response

  1. Panduan Blog February 20, 2019

Leave a Reply